Senin, 21 Oktober 2013

Strategi Mengambil Peluang Pasar

Pengertian pasar yaitu mekanisme yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Makna pasar bukan berarti tempat, melainkan  suatu kegiatan yang dilakukan dari pihak produsen ke konsumen.
Pasar dapat dijabarkan sebagai berikut :
-          Sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli baik itu barang maupun jasa
-          Adanya kekuatan permintaan dan penawaran
-          Mekanisme antara penjual dan pembeli
3 Fungsi pasar diantaranya :
1.       Distribusi ; pasar berperan sebagai penyalur barang dan jasa
2.       Pembentukan harga ; penjual melakukan permintaan barang yang dibutuhkan
3.       Promosi ; memperkenalkan produk baru pada konsumen

Dengan mengetahui apa itu pasar, maka perusahaan akan mengetahui analisa produk yang akan dipasarkan. Maka hal itu sebagai pedoman bagi mereka untuk memulai usaha yang ingin mereka jalani.
Peluang Pasar
Semakin berkembangnya zaman, bisnis dan ekonomi semakin menjamur di berbagai belahan dunia. Perusahaan-perusahaan yang memulai bisnisnya ataupun yang telah lama menjadi peran penting ekonomi suatu negara seperti perusahaan besar,  semakin gencar merencanakan dan memikirkan strategi jitu untuk menguasai pasar. Hal ini menjadi begitu sangat penting untuk menjaga dan menggapai kelangsungan perusahaan menjadi lebih baik.
Kemampuan mencapai tujuan dan sasaran untuk memasarkan produk, dipengaruhi oleh tingkat analisis perusahaan itu sendiri. Maka peluang pasar menjadi tolak ukur dimana produk  ditempatkan dan jumlahnya yang  sesuai semestinya.
Pengertian peluang pasar menurut Kotler (1997:72) adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan
Sedangkan menurut Pearce dan Robinson (2000-230) memberikan pengertian bahwa peluang pasar adalah situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan
Jika disiimpulkan bahwa peluang pasar itu adalah pasar sasaran yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang ingin dipenuhi.
Cara mengidentifikasi suatu peluang pasar diantaranya :
Ø  Mengamati kebutuhan yang banyak diperlukan oleh konsumen
Ø  Mengetahui kapan konsumen membutuhkan keutuhan tersebut
Ø  Tentukan karakter konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin ataupun pendidikannya
Ø  Memperkirakan daya beli konsumen yang sesuai dengan pendapatannya
Ø  Perhatikan apakah pasar banyak pesaing atau tidak
Yang harus diketahui dalam menganalisa pasar :
·         Potensi pembeli terhadap barang
·         Motivasi dan public speaking yang baik terhadap konsumen dalam penjualan produk
·         Ukuran pasar
·         Sifat-sifat konsumen
·         Target pasar spesifik
·         Pengaruh pasar eksternal
·         Analisa  pesaing ataupun pesaing yang akan datang

Melihat peluang pasar
Untuk mempelajari hal yang baru, setiap kita diawali dengan melihat. Dalam membaca peluang pasar, melihat juga langkah pertama dalam menganalisa pasar. Cara sederhananya mungkin dengan melihat masalah ataupun fenomena-fenomena yang ada disekitar kita dan objek yang terkena dampaknya. Maka kita memulai melihat celah-celah yang bisa menjadi peluang bagi kita terhadap kejadian tersebut.
Tingkat kematangan melihat masalah ini  sangat diperlukan. Karena kehati-hatian melihat peluang adalah kunci untuk mengurangi dampak resiko yang belum tentu kita atasi pada kegiatan pemasaran produk. Maka kesuksesan dalam membaca peluang ditentukan oleh melihat peluang pasar itu sendiri.
Membaca peluang pasar
Membaca peluang pasar identik dengan dunia bisnis dan hal yang harus dilakukan bagi seorang entrepreneur baik bagi pemula ataupun bagi penggelut yang akan mengembangkan usahanya yang telah ada. Dan dengan mensegmentasikannya produk yang dipasarkan, perusahaan atau entrepreneur sendiri bisa merangkul konsumen dengan pertimbangan yang matang. Untuk itu dalam membaca peluang ini, sebelumnya kita harus melihat dan mendengar masalah yang terjadi dengan memahaminya. Karena dengan cara begitu, sekecil apapun poin yang dipahami atau dianalisis memiliki peranan yang penting dalam membuat keputusan.
Sebelum memulai usaha, hal yang harus dipertimbangkan diantaranya :
o   Jenis Usaha
o   Jenis Produk
o   Target Konsumen
o   Lingkungan
o   Legalitas
o   Minimalisir resiko
o   Modal
Memanfaatkan peluang pasar
Peluang tidak akan ada berarti apa-apa tanpa adanya kemauan dan aksi yang nyata dalam menjalaninya. Begitu juga dengan peluang pasar yang tidak diambil dan dimanfaatkan, akan bersifat netral dan bahkan diambil secara cepat oleh seseorang yang ulet dan berkemauan tinggi. Untuk itu kita harus memulai memanfaatkan peluang tersebut dengan kematangan analisis segmentasi dan strategi bisnis yang matang.
Berikut adalah tips memanfaatkan peluang pasar :
§  Melakukan riset pasar
§  Mempersiapkan dan menyusun rencana
§  Patuh terhadap aturan
§  Strategi pemasaran yang tepat sasaran

Setelah hal itu dianalisa, maka kita harus langsung mempraktekkannya. Ketekunan, kretif dan inovatif harus selalu dikembangkan agar peluang tersebut diberdayakan secara maksimal tanpa terbuang peluang sedikitpun.

SUMBER :

1 komentar:

  1. pak background di ganti dong jgn transparan, puyeng liatnya. thanks

    BalasHapus